counter hit make

Kuliner Khas Aceh yang Wajib Anda Coba

//Kuliner Khas Aceh yang Wajib Anda Coba

Kuliner Khas Aceh yang Wajib Anda Coba

Aceh adalah wilayah yang mempunyai beragam kekayaan alam, kekayaan ilmu pengetahuan, kekayaan budaya dan kekayaan agama yang sangat tinggi. Hal inilah yang membuat Aceh menjadi daerah yang spesial dari zaman kerajaan, penjajahan hingga zaman modern sekarang ini. Kota yang mendapat julukan “Serambi Mekkah” ini selain terkenal dengan wisata budaya juga tidak ketinggalan dengan wisata kulinernya. Beraneka ragam sajian kuliner yang membuat lidah kita bergoyang. Maka tidak heran kalau kita berkunjung ke Aceh akan didapatkan panganan khas Aceh. Selain pantainya yang indah dan gugusan pulau weh yang menjadi pulau terujung milik Indonesia, ternyata kota serambi makkah ini mempunyai beragam sajian makanan khas. Berikut adalah beberapa kuliner khas Aceh yang wajib anda coba.

  1. Sate Matang

Sate matang merupakan makanan khas provinsi aceh yang berasal dari daerah Matang, Bireun. Sate matang biasanya berisi daging kambing atau daging sapi yang diungkep dengan bumbu khas aceh untuk kemudian dibakar. Sate matang cocok disajikan dengan kuah soto beraroma khas yang kaya akan rempah-rempah.

  1. Mie Aceh

Satu jenis makanan khas aceh yang terkenal tidak hanya di tempat asalnya, namun juga di kota-kota besar di Indonesia ini dapat disajikan dengan dua jenis masakan, yaitu dengan digoreng ataupun disajikan berkuah. Kamu juga bisa memesan mie aceh dengan rasa pedas atau rasa gurih. Mie aceh disajikan dengan tambahan lauk mulai dari sejenis seafood ataupun daging.

  1. Kuah Pilek U

Kuah pliek u adalah salah satu dari sekian banyak masakan aceh yang populer dan merupakan makanan khas aceh barat. Kamu bisa dibilang belum berkunjung ke aceh jika belum menyantap kuah pliek u yang disajikan oleh hampir setiap rumah makan yang ada di aceh. Kuah pliek u melambangkan eratnya kekerabatan dan keragaman masyarakat aceh yang dipersatukan dalam satu kuali, sehingga menghasilkan cita rasa unik. Kuah pliek u juga berisi aneka jenis sayuran yang tumbuh di aceh.

  1. Rujak Aceh

Rujak aceh sebagai makanan khas tradisional aceh ini memiliki rasa yang berbeda dengan jenis rujak lainnya. Rasa ini diperoleh dari buah yang dipakai dalam sajian kuliner rujak aceh. Rujak aceh berisi buah rumbia aceh yang disiram dengan saus rujak ini sangat nikmat disajikan dalam keadaan dingin ataupun ditambah dengan es serut. Cocok disantap pada siang hari saat cuaca sedang terik-teriknya.

  1. Kue Adee

Kue tradisional sejenis bingkang manis ini, hanya bisa ditemui di Aceh, khususnya di kawasan kabupaten Pidie Jaya. Namanya pun tak susah untuk dilafal, yakni Adee. Adee merupakan jenis kue bertekstur lembut, legit, dan manisnya berasal dari gula asli. Sepintas kue ini mirip dengan bingkang. Adee bisa menjadi paduan enak saat menyeruput segelas kopi atau teh. Juga bisa menjadi hidangan istimewa untuk menjamu tamu. Atau pun sebagai oleh-oleh untuk teman dan kerabat di luar kota.

By |2018-10-16T15:04:46+00:00Oktober 16th, 2018|Categories: Blog|Tags: , |0 Comments

Leave A Comment