counter hit make

Kuliner Khas Bali yang Wajib Anda Coba

//Kuliner Khas Bali yang Wajib Anda Coba

Kuliner Khas Bali yang Wajib Anda Coba

Pesona sejuta lautnya yang indah membuat Bali tak pernah sepi dari pengunjung lokal dan mancanegara. Gak cuma kaya tempat wisata, Pulau Dewata juga menyimpan berbagai kuliner khas yang lezat. Masih kurang lengkap rasanya liburan di Bali tanpa mencicipi makanan khas Bali. Kuliner Bali memiliki daya tarik tersendiri bagi para foodies karena selalu di racik dengan bumbu rempah-rempah yang kuat dan pedas. Berikut adalah beberapa kuliner khas Bali yang wajib anda coba.

  1. Ayam Betutu

Ayam Betutu mungkin adalah makanan khas Bali yang paling populer di Indonesia. Kita akan dengan mudah menemui warung atau resto yang menjual Ayam Betutu meski kita sedang berada di luar Bali. Ayam Betutu sendiri merupakan sajian ayam yang dimasak utuh dengan berbagai rempah dengan cara dipanggang. Versi asli dari ayam Betutu, cara pemasakannya harus dengan api sekam. Pemasakannya pun memakan proses yang cukup pelan namun bumbu-bumbunya dipastikan meresap dengan sempurna. Makanan khas Bali yang satu ini awalnya merupakan sajian pada upacara keagamaan yang justru terkenal sebagai makanan yang merepresentasikan pulau Bali di dunia internasional.

  1. Sate Lilit

Salah satu makanan khas Bali yang tidak boleh absen Anda coba ketika berkunjung ke Pulau Dewata adalah sate lilit. Sate lilit sendiri tidak senada dengan sate yang ada di daerah-daerah lain di Indonesia. Sate lilit paling terkenal memiliki bahan baku ikan yang dicincang, lalu dicampur dengan kelapa parut, santan, air jeruk nipis, bawang merah, serta sensasi pedas dari cabe serta lada. Makin dibuat berbeda, sate lilit tidak ditusukkan ke tusukan bambu, justru dililitkan ke batang serai yang gemuk. Penggunaan batang serai ini memberi aroma lebih pada sate lilit sehingga makanan khas Bali yang satu ini jadi makin nikmat aromanya. Selain menggunakan bahan baku ikan, penggunaan daging ayam dan daging babi juga sering digunakan untuk sate lilit. Sate lilit ini biasanya merupakan salah satu item dalam nasi campur Bali atau disajikan juga bersama sambal matah khas Bali yang segar.

  1. Lawar

Campuran sayur dan daging cincang yang diberi bumbu khas Bali ini akan lebih nikmat jika disantap dengan nasi putih yang masih hangat. Ditambah dengan sate lilit bakal makin nikmat.

  1. Rujak Kuah Pindang

Salah satu makanan khas Bali lainnya adalah rujak kuah pindang. Berbeda dengan rujak di daerah lainnya, yakni kuahnya yang memiliki rasa super unik. Rujak kuah pindang ini pada dasarnya sama dengan rujak lainnya yang memadukan banyak buah-buahan segar seperti pepaya, mentimun, blimbing dan sebagainya. Namun seperti yang kami sebut di atas, kuah dari rujak ini merupakan kuah kaldu yang merupakan paduan kaldu ikan serta terasi, dan tak lupa gerusan cabe.

  1. Nasi Jinggo

Nasi Jinggo ini bisa dibilang sama dengan nasi kucing. Nasinya hanya sebesar kepalan tangan orang dewasa, ditambahkan dengan daging ayam suwir, mi goreng, dan tempe goreng. Yang paling khas adalah sambalnya, super duper pedas. Kamu gak akan kenyang kalau cuma makan sebungkus. Dijamin, kamu bakalan nambah lagi.

By |2018-10-18T10:45:37+00:00Oktober 18th, 2018|Categories: Blog|Tags: , |0 Comments

Leave A Comment