counter hit make

Kuliner Khas Medan yang Wajib Anda Coba

//Kuliner Khas Medan yang Wajib Anda Coba

Kuliner Khas Medan yang Wajib Anda Coba

Medan merupakan ibukota provinsi Sumatera Utara, sekaligus kota terbesar ketiga di Indonesia. Kota berjuluk Melayu Deli ini memiliki segudang daya tarik yang sulit ditemui di daerah lain, mulai dari ragam destinasi wisata budaya yang menarik, pertunjukan-pertunjukan adat, hingga keindahan alam yang sangat menakjubkan. Selain panorama alam yang indah, Medan juga juga terkenal dengan makanannya yang enak. Kamu pun juga bakal menemukan masakan lezat yang sudah ada sejak puluhan tahun lamanya. Apabila Anda singgah di Kota Medan, ada beberapa jenis kuliner asli khas Medan yang wajib dicicipi. Kuliner-kuliner ini merupakan simbol kekayaan budaya masyarakat Medan yang diwariskan secara turun temurun dari generasi ke generasi. Berikut adalah beberapa kuliner khas Medan yang wajib anda coba.

  1. Lontong Medan

Lontong medan juga merupakan salah satu kuliner khas tanah melayu deli yang dapat Anda temukan di berbagai kota di seluruh Indonesia. Lontong medan disukai karena rasanya yang lezat dan mudah dipadu padankan dengan berbagai jenis masakan khas Sumatera Utara seperti mie gomak atau saksang.

Salah satu kedai lontong medan yang wajib Anda sambangi adalah Warung Lontong Kak Lin yang terletak di Jalan Teuku Cik Ditiro no 76 Kota Medan. Warung lontong yang buka sejak pagi ini adalah salah satu kuliner favorit yang telah beroperasi sejak tahun 1994.

  1. Mie Aceh Medan

Mie Aceh juga sudah terdapat di Medan dan menjadi Mie Aceh khas Medan. Makanan ini menjadi makanan favorit yang dicari pengunjung setiap malam hari juga dini. Salah satu tempat Mie Aceh yang sudah terkenal adalah Mie Aceh Titi Bobrok. Harga yang diberikan juga masih terjangkau sekitar Rp.10.000,- sampai Rp.20.000,-.

  1. Soto Medan

Tidak hanya di Jawa, Medan juga punya soto. Khasnya soto medan adalah kuah santan kental bewarna kuning kehijauan. Isi soto medan bisa berisi daging sapi atau ayam. Anda juga bisa memilih perkedel kentang atau rempeyek udang sebagai pelengkap hidangan. Soto medan yang paling terkenal di Medan ada di Rumah Makan Sinar Pagi, Jalan Sei Deli.

  1. Gulai Daun Ubi

Gulai daun ubi, atau daun ubi tumbuk merupakan hidangan khas Suku Batak yang banyak ditemukan di rumah makan khas Mandailing. Bila di Jawa, makanan ini mirip dengan sayur daun singkong. Selain daun ubi atau singkong, terdapat pula buah cepokak dan kincong. Salah satu yang khas dan membedakan gulai ini dengan gulai daerah lain ialah adanya rempah honje atau kecombrang.

  1. Pancake Durian

Durian di kota Medan ini memang sudah sangat terkenal. Durian ini mempunyai rasa yang khas yang tidak akan anda jumpai di daerah penghasil durian lainnya. Rasa buahnya yang manis ditambah dengan bentuknya yang besar dan biji yang kecil membuat harga durian Medan ini sangat mahal. Durian yang memiliki rasa lezat ini yang biasanya digunakan oleh orang Medan sebagai bahan dasar untuk membuat pancake durian. Pancake durian merupakan makanan  khas dari kota Medan. Bila biasanya pancake yang sering kita jumpai di daerah lain memiliki bentuk yang bulat dan ceper, tetapi pancake durian khas medan ini memiliki bentuk seperti dadar gulung. Pancake durian ini dibuat dari adonan tepung yang kemudian akan diisi dengan daging durian, yang rasanya dijamin sangat lezat dan juga nikmat.

 

By |2018-10-16T11:24:35+00:00Oktober 16th, 2018|Categories: Blog|Tags: , |0 Comments

Leave A Comment