counter hit make

Kuliner Khas Solo yang Wajib Anda Coba

//Kuliner Khas Solo yang Wajib Anda Coba

Kuliner Khas Solo yang Wajib Anda Coba

Solo menyimpan berbagai keunikan yang tidak terduga. Keramahan masyarakatnya, nuansa budaya yang kental, serta makanan murah nan enak jadi daya pikat yang tidak dapat terpisahkan dari Kota Batik ini.  Solo memang menjanjikan tak hanya wisata sejarah dan budaya, tapi juga sekian tempat hiburan modern yang bisa dikunjungi. Namun, yang paling menarik dari kota dengan slogan “The Spirit of Java” ini adalah sajian kulinernya. wisata kuliner memang terkadang menjadi tolak ukur penilaian suatu destinasi wisata oleh para pengunjung. Kuliner telah menghadirkan daya tarik tersendiri bagi para wisatawan, karena tentunya, Anda tak hanya sekadar berkunjung ke tempat-tempat menarik. Berikut beberapa kuliner khas Solo yang wajib anda coba.

  1. Serabi Notosuman

Kudapan yang satu ini adalah Kuliner Solo yang paling dicari, terlebih oleh wisatawan. Tak seperti serabi pada umumnya, kelezatan Serabi Notosuman ini memang tak ada duanya. Paduan santan, susu, dan gulanya memberikan cita rasa manis yang begitu khas, terlebih jika disantap selagi hangat. Serabi Notosuman hadir dalam dua varian rasa, yaitu original dan cokelat. Cara pembuatan serabi ini pun masih amat tradisional, dengan menggunakan tungku-tungku yang dipanaskan dengan api dari arang. Satu porsi serabi notosuman berisi 10 gulung, harganya mulai dari Rp20.000 tergantung dari varian rasa yang Anda pilih. Gerai serabi ini bisa Anda jumpai di Jl. Mohammad Yamin No.28.

  1. Sate Buntel Mbok Galak

Sate Buntel adalah daging kambing cincang yang “dibuntel” atau dibungkus dengan lemak kambing. Sate ini kemudian dibakar layaknya sate pada umumnya. Warung Mbok Galak sebenarnya menyediakan berbagai menu olahan kambing, tapi sate buntel tetap jadi primadona di warung ini. Buka sejak jam 6 pagi hingga jam 4 sore, kamu bisa menemukan warung ini di Jalan Mangun Sarkoro No. 122, Banyuanyar.

  1. Nasi Liwet

Tak akan lengkap rasanya kunjungan Anda ke Kota Keraton ini tanpa pernah mencicipi kuliner Solo paling khas, yaitu nasi liwet. Hidangan berupa nasi putih gurih dengan tambahan telur rebus, sayur labu, dan suwiran ayam ini adalah kuliner paling favorit masyarakat setempat. Warung Nasi Liwet Wongso Lemu adalah salah satu penjual nasi liwet terenak yang harus Anda coba di Kota Solo. Selain rasanya yang begitu enak, warung ini ternyata telah dikelola secara turun-temurun sejak tahun 1950 silam.

Bu Wongso Lemu adalah sang pemilik warung nasi liwet yang berlokasi di Jl. Teuku Umar, Keprabon, Solo ini. Kini, warung yang buka setiap hari mulai pukul 16.00 hingga 01.00 dini hari ini dikelola oleh Mbak Ati yang merupakan cucu dari Bu Wongso Lemu. Bermodal Rp10.000 hingga Rp17.000 saja, sepiring nasi liwet komplit siap menggoyang lidah Anda.

  1. Tahu Kupat Pak Brewok

Kuliner Solo yang satu ini berupa irisan ketupat, kol, tauge, tahu goreng, dan mie kuning dengan taburan bawang goreng dan daun bawang. Kemudian, kuah kecap dan air bawang disiramkan di atasnya. Biasanya, ditambahkan irisan cabai rawit untuk menambah cita rasa pedasnya. Paduan rasa asam, manis, pedas dan gurih akan menjadi satu rasa yang begitu khas dan menggugah selera.

Warung tahu kupat milik Pak Brewok adalah yang paling terkenal di Kota Solo. Berlokasi di Jl. R.M. Said, sebuah tulisan Warung Tahu Kupat “SARI” Pak Brewok menjadi tanda yang memberitahu bahwa Anda telah sampai. Buka setiap hari mulai pukul 07.00 hingga 17.00 WIB, warung ini adalah salah satu destinasi kuliner yang paling ramai dikunjungi, baik oleh masyarakat setempat maupun .

  1. Sate Kere Yu Rebi

Disebut “Sate Kere” karena penganan ini terbuat dari jeroan sapi, yang harganya tentu  lebih murah daripada dagingnya. Selain itu, ada pula tempe gembus yang terbuat dari ampas tahu dan biasanya digunakan sebagai pakan ternak. Layaknya sate pada umumnya, sate kere juga disajikan dengan sambal kacang dan lontong.

Warung sate kere yang paling terkenal di Solo adalah Warung Sate Kere Yu Rebi. Tepatnya, terletak di belakang Stadion Sriwedari Solo dan di Galabo. Buka dari jam 10 pagi hingga jam 9 malam, seporsi sate kere di warung ini dibanderol mulai harga 10 ribuan.

By |2018-10-15T11:47:40+00:00Oktober 15th, 2018|Categories: Blog|Tags: , |0 Comments

Leave A Comment