counter hit make

Makanan Khas Jogja Selain Gudeg yang Harus Anda Coba

//Makanan Khas Jogja Selain Gudeg yang Harus Anda Coba

Makanan Khas Jogja Selain Gudeg yang Harus Anda Coba

Bukan hanya gudeg, makanan khas Jogja banyak sekali macamnya lho! Meskipun beberapa bukan asli Jogja, tapi panganan berikut ini paling digemari masyarakat Jogja. Mengunjungi kota Jogja tidak cukup hanya berjalan-jalan ke tempat wisata alam ataupun wisata budayanya, namun harus dilengkapi dengan jajan makanan-makanan yang enak. Hampir setiap makanan di Jogja mampu meninggalkan kesan di hati dan lidah anda yang mencobanya. Jogja tidak hanya memiliki gudeg sebagai makanan khasnya, tapi juga masih ada makanan lainnya yang wajib anda coba. Berikut adalah beberapa makanan khas jogja selain gudeg.

  1. Oseng Mercon Bu Narti

Ingin menguji ketahanan anda akan rasa pedas? Langsung arahkan kendaraan anda ke Jalan KH. Ahmad Dahlan, Ngampilan dan temukan warung Oseng Mercon Bu Narti. Isi dari oseng mercon ini adalah kulit, lemak, kikil, dan tulang muda yang dimasak dengan bumbu super pedas yang mampu ‘meledakkan’ lidah anda, layaknya mercon. Bersiaplah untuk kepedasan hingga berkeringat, sekalipun anda penggemar masakan pedas. Warung lesehan ini buka sampai pukul 11 malam. Untuk mendapatkan seporsi oseng mercon, anda harus menyiapkan uang sebesar IDR15.000 – IDR20.000.

  1. Tengkleng Gajah Jogja

Bukan literally tengkleng dari daging gajah, Tengkleng Gajah Jogja merupakan tengkleng yang berbahan dasar daging kambing. Namun, karena disajikan dalam porsi yang besar, maka disebut tengkleng gajah. Ada dua jenis tengkleng yang ditawarkan, yaitu tengkleng tongseng dan goreng. Kalau anda ingin menikmati tengkleng berkuah, maka pilihlah tengkleng tongseng dan kalau anda ingin yang kering, bisa memilih tengkleng goreng. Lokasinya ada di Jalan Kaliurang Km. 9,3, agak sedikit keluar dari jalan raya.

Selain tengkleng, ada pula menu lainnya seperti gulai dan sate. Untuk seporsi tengkleng, harganya IDR30.000. Tidak mahal untuk porsi jumbo yang mengenyangkan, yang bahkan bisa disantap oleh dua orang.

  1. Belalang Goreng

Selain menawarkan aneka tempat wisata alam yang menarik dan cantik, Kabupaten Gunungkidul di Yogyakarta juga menawarkan makanan khas yang unik, yaitu belalang goreng. Ternyata serangga yang digoreng tidak hanya ada di Thailand, namun juga ada di Jogja. Di Gunungkidul, belalang mudah didapatkan, sehingga warga setempat mencoba untuk membuat kreasi makanan dengan potensi tersebut. Tidak geli melihatnya, dan berani mencoba?

Kalau anda menuju daerah Gunungkidul dan melihat banyak penjual belalang goreng, mampirlah untuk mencoba sensasi makan belalang gorengan. Bentuknya memang benar-benar bentuk belalang besar yang utuh, namun rasanya gurih dan renyah, serta bisa dimakan seluruh bagian tubuhnya.

 

By |2018-09-03T14:06:05+00:00September 3rd, 2018|Categories: Blog|Tags: , |0 Comments

Leave A Comment