counter hit make

Oleh-oleh Khas Manado yang Wajib Anda Coba

//Oleh-oleh Khas Manado yang Wajib Anda Coba

Oleh-oleh Khas Manado yang Wajib Anda Coba

Manado, kota ini terkenal karena memiliki spot diving yang indah. Salah satunya adalah Taman Laut Bunaken yang sudah terkenal hingga mancanegara sehingga membuat kota ini selalu dibanjiri oleh wisatawan, baik itu wisatawan domestik atau mancanegara. Jika kamu berkunjung ke Manado, selain menikmati wisata alam dan kuliner, jangan lupa untuk membawa pulang oleh-oleh khas Manado untuk kerabat terdekat. Berikut adalah beberapa oleh-oleh khas Manado yang wajib anda coba.

  1. Klappertaart

Klapertaart adalah kue khas Belanda dengan sentuhan budaya Indonesia. Klappertaart sesungguhnya memiliki arti cake kelapa atau tart kelapa. Klapertaart ini terbuat dari kelapa muda, tepung, gula, susu, margarin, dan air kelapa. Kue ini biasanya disajikan dalam keadaan dingin. Klapertaart menjadi favorit banyak orang karena rasanya yang manis dan teksturnya yang lembut.

Klapertaart dapat bertahan hingga 12 jam asalkan dibungkus dalam wadah yang rapat dan disimpan dalam suhu dingin. Tetapi jika Anda berencana untuk membawanya terbang dari Manado ke Jakarta atau kota lainnya kue ini masih bisa bertahan, asalkan ketika sampai di lokasi segera dimasukkan ke lemari es. Harga klapertaart ini berkisar antara 15.000 Rupiah hingga 60.000 Rupiah tergantung dari ukurannya.

  1. Panada

Sebetulnya, makanan ini bukanlah khas dari Manado, melainkan makanan peninggalan bangsa Portugis yang datang ke Minahasa beberapa abad yang lalu.Kue ini memiliki bentuk seperti pastel, tetapi dengan isi yang berbeda yaitu ikan cakalang dibumbu panpis.Bumbu panpis sendiri merupakan ikan cakalang yang dimasak dengan bawang merah, daun jeruk, kemangi, cabe merah, dan daun bawang. Harga kue ini dibandrol mulai Rp 1.250, semakin mahal harganya berarti isinya juga semakin banyak.

  1. Pala Manis

Pala manis merupakan kudapan khas Manado yang sudah terkenal hingga Negara tetangga, bahkan makanan ini sudah diekspor ke Malaysia. Pala manis Manado memiliki tampilan yang berbeda dibanding manisan pala yang terbuat dari tempat lain. Pala manis Manado terbuat dari buah pala dengan cairan gula sebagai pemanis, sehingga teksturnya mengkilap dan lebih bersih. Di daerah lainnya, manisan pala pada umumnya menggunakan gula pasir.

  1. Dodol Amurang

Bukan hanya kota Garut yang terkenal dengan dodolnya, ternyata Manado juga punya dodol khas tersendiri yaitu dodol amurang. Dodol amurang ini banyak diproduksi di Kabupaten Minahasa Selatan. Dodol ini terbuat dari gula aren, beras ketan yang dihaluskan, minyak kelapa murni yang belum disaring untuk diambil santannya, kacang, dan kayu manis.

Setelah semua bahan menjadi satu dan dibungkus dengan daun kelapa, dodol ini dikukus dengan panas 120 derajat. Dodol amurang adalah makanan wajib dalam acara syukuran masyarakat Manado. Harga dodol ini berkisar 500 sampai 5.000 Rupiah tergantung dari ukurannya.

  1. Cakalang Fufu

Pecinta makanan pedas pasti suka dengan cakalang fufu. Makanan khas Manado ini terbuat dari ikan cakalang yang mengalami proses pengasapan. Proses pengasapan di Manado disebut fufu. Itulah kenapa disebut sebagai cakalang fufu. Ikan cakalang ini bisa dijumpai di Pelabuhan Nelayan Bitung.

Banyaknya pasokan ikan membuat warga di daerah pesisir mengawetkan ikan tersebut. Sebelum diasap, terlebih dahulu ikan dibersihkan dan dibuang sisiknya. Kemudian dibelah menjadi dua dan dilumuri bumbu. Proses pengasapan ini sendiri memakan waktu 4 jam. Harga per ikan bervariasi tergantung dari besarnya, biasanya berkisar antara 35.000 sampai 65.000 Rupiah.

  1. Kacang Goyang

Kacang goyang adalah kacang atom yang berbalut terigu yang kemudian dilumuri gula di lapisan luarnya sehingga memiliki warna yang beragam. Nama kacang goyang sendiri diambil sesuai proses pembuatannya, karena pembuatan kacang ini harus digoyang-goyang. Ada satu daerah yang terkenal sebagai daerah pembuat kacang goyang di Kotamobagu. Bahan-bahan yang biasanya digunakan untuk membuat kacang ini antara lain coklat van houten, gula putih, dan zat pewarna makanan yang sudah terdaftar aman. Harga kacang ini berkisar antara 10.000 Rupiah sampai 25.000 Rupiah.

 

 

 

 

 

By |2018-09-21T14:47:43+00:00September 20th, 2018|Categories: Blog|Tags: , |0 Comments

Leave A Comment