counter hit make

Oleh-oleh Khas Medan yang Wajib Anda Coba

//Oleh-oleh Khas Medan yang Wajib Anda Coba

Oleh-oleh Khas Medan yang Wajib Anda Coba

Berkunjung ke suatu tempat, tak lengkap rasanya bila tidak memborong berbagai macam oleh-oleh khas daerah tersebut. Tak terkecuali saat berkunjung ke Medan, Sumatera Utara. Medan memiliki banyak destinasi wisata yang menarik. Tidak hanya dikenal oleh wisatawan lokal, wisatawan mancanegara sudah mengenal cukup banyak beberapa tempat wisata di Medan yang mengundang perhatian. Apalagi sudah menjadi rahasia umum jika kota wisata atau daerah di Indonesia memiliki kuliner khas dan oleh-oleh lain untuk dibawa pulang saat pulang. Berikut beberapa oleh-oleh khas Medan yang wajib Anda coba.

  1. Bolu Meranti Medan

Saat pergi ke Medan, belum lengkap rasanya bila tak mecicipi kudapan yang satu ini. Ya, meski banyak kue kekinian artis bermunculan, bolu meranti yang melegenda tetap menjadi salah satu buah tangan terfavorit di Medan. Berbentuk menyerupai bolu gulung, bolu meranti memiliki tekstur yang sangat lembut dengan topping aneka rasa yang melimpah. Selain rasa keju yang menjadi favorit, bolu manis ini juga tersedia dalam berbagai rasa seperti moka, cokelat, hingga selai blueberry.

  1. Pancake Durian

Medan memang terkenal dengan buah duriannya yang sangat manis. Tak hanya disantap dalam keadaan segar, ternyata kamu juga dapat membawa oleh-oleh berupa pancake durian yang tak kalah lezatnya. Memiliki rupa seperti dadar gulung berwarna-warni, isian berupa buah durian halus yang berpadu whipped cream lembut membuatnya begitu digemari berbagai kalangan usia. Selain itu, pancake durian juga memiliki aroma yang lebih lembut sehingga kamu tak perlu khawatir untuk membawa kudapan ini ke luar kota.

  1. Bika Ambon

Meski bernama bika Ambon, namun jangan salah, kue ini merupakan kudapan khas Medan yang sangat populer bahkan hingga ke luar negeri. Bercita rasa manis dengan tekstur kenyal dan berongga-rongga kecil, bika Ambon terbuat dari campuran tepung, santan, telur, gula, dan daun jeruk yang menghasilkan aroma khas nan menggoda selera. Selain rasa original, saat ini bika Ambon juga tersedia dalam berbagai rasa seperti keju, coklat, moka, dan pandan.

  1. Sirup Buah Markisa

Oleh-oleh khas Medan satu ini bisa bertahan cukup lama. Tidak hanya durian saja yang bisa diolah menjadi pancake, Anda juga bisa mencicipi buah markisa Medan dalam sajian sirup yang segar. Sirup Buah Markisa sangat cocok diminum saat siang hari ditengah udara kota Medan yang panas. Sirup ini dipercaya mengandung banyak vitamin C dan antioksidan yang baik untuk tubuh. Ada banyak penjual sirup buah markisa, khususnya di pusat oleh-oleh khas Medan.

  1. Lemang

Lemang adalah makanan khas Medan yang bentuknya seperti lontong dengan bahan-bahan terbuat dari santan, ketan putih, garam, serta daun pisang untuk membungkus dan membakar lemang. Lemang bisa dikonsumsi langsung di tempat penjual lemang. Makanan tradisional ini wajib Anda nikmati. Cara memasaknya pun ada yang dimasukkan kedalam bambu baru dimasak dengan api. Soal rasa, tak diragukan lagi, lemang memiliki rasa khas gurih dan lezat.

  1. Lapis Legit

Lapis legit merupakan jenis kue tradisional yang mendapat pengaruh kebudayaan Belanda jadi bukan asli Indonesia. Meskipun saat ini kerap sekali kita temukan di berbagai daerah bahkan luar kota Medan, namun cemilan yang satu ini sangat digemari siapapun baik anak-anak maupun orang tua.

Di Medan, terdapat produsen lapis legit bernama Affinois Medan yang memberik tambahan keju dan menghasilkan rasa yang nikmat. Belum lagi dengan adanya topping di bagian atas membuatnya semakin mempesona. Anda bisa dapatkan di Jalan Mojopahit No. 12 E Medan.

  1. Kopi Sidikalang

Indonesia memang terkenal dengan keanekaragaman kopinya yang nikmat. Salah satunya adalah kopi Sidikalang dari Medan yang terkenal lezat, dan sering dijadikan sebagai salah satu oleh-oleh andalan wisatawan. Kopi Sidikalang ini disebut-sebut sebagai rajanya kopi Sumatera karena memiliki rasa dan aroma yang begitu tajam.

By |2018-10-06T11:16:31+00:00Oktober 6th, 2018|Categories: Blog|Tags: , , |0 Comments

Leave A Comment