counter hit make

Oleh-oleh Khas Palembang yang Terkenal

//Oleh-oleh Khas Palembang yang Terkenal

Oleh-oleh Khas Palembang yang Terkenal

Ada banyak oleh-oleh khas Palembang yang terkenal, sehingga kalau kita ke Palembang bisa mencobanya. Jauh-jauh berkunjung ke ibukota Sumatera Selatan. Rasanya tidak pas kalau belum membawa oleh-oleh khas Palembang ini ke rumah. Terkenal akan pempeknya yang sudah menyebar ke seluruh penjuru Indonesia. Kota Palembang juga memiliki berbagai  oleh-oleh yang selalu dicari wisatawan. Berikut adalah beberapa oleh-oleh khas Palembang yang terkenal.

  1. Lempok Durian

Jika garut punya dodol, maka Palembang punya lempok durian. Ya, lempok durian teksturnya menyerupai dodol. Namun, rasanya tentu saja berbeda karena lempok durian terbuat dari durian dan gula. Resepnya yang sudah turun temurun membuat lempok durian mempunyai cita rasa yang khas. Belum lagi cara memasaknya pun unik karena menggunakan kayu bakar, dan dimasak dalam waktu yang cukup lama. Lempok durian sangat cocok untuk anda bawa pulang dan membaginya pada keluarga anda.

  1. Pempek

Makanan khas yang satu ini menjadi makanan yang wajib disantap saat berada di Palembang. Kalau sudah ada di Palembang, pempek memang jadi makanan yang wajib. Selain disantap di Palembang, pempek juga jadi oleh-oleh favorit para wisatawan. Salahs atu tempat makan pempek yang terkenal adalah Pempek Candy. Di Pempek Candy kamu bisa memilih pempek yang sudah dibekukan. Jika tak sempat datang ke toko utamanya, kamu juga bisa menemukan Pempek Candy di bandara.

  1. Kue Maksuba

Kue maksuba adalah kue lapis khas Palembang. Sebenarnya, kue ini seringkali disajikan pada acara tertentu, seperti pernikahan, lebaran, dan acara sakral lainnya. Anda bisa membeli kue makuba sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang karena rasanya enak sekali. Meski tidak memakai pengembang saat membuatnya, kue makuba terasa empuk dan lezat.

  1. Bolu Suri

Kalau dilihat-lihat penampilan dari bolu suri ini mirip kue bika ambon khas Medan. Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat bolu khas Palembang ini lebih sederhana jika dibandingkan dengan bika ambon. Bolu suri hanya menggunakan 10 butir telur saat pembuatannya. Jika tertarik untuk membawa pulang kue khas ini kamu bisa membelinya di beberapa toko oleh-oleh di Palembang.

  1. Kemplang bakar

Oleh-oleh khas Palembang lainnya yang bisa menjadi pilihan anda adalah kemplang bakar. Kemplang ini adalah kerupuk ikan yang dimasak dengan cara dibakar di atas bara api. Cara memasaknya yang unik membuat kemplang ini mempunyai cita rasa yang khas dan unik. Rasanya enak, apalagi bila anda memakannya dengan sambal terasai. Anda pun bisa memakan kemplang ini sebagai teman makan nasi. Biasanya, dalam kemasan kemplang yang anda beli sudah disediakan sambalnya. Jadi, anda tak perlu repot-repot menyiapkan sambal saat ingin menikmati kemplang ini. Karena dimasak dengan cara dibakar, kemplang ini pun menjadi rendah lemak sehingga bisa menjadi cemilan untuk anda yang sedang diet.

  1. Enggak Ketan

Satu lagi kue tradisional khas Palembang yang bisa dijadikan oleh-oleh. Engkak ketan ini dibuat dengan menggunakan tepung ketan dan santan ini mempunyai rasa legit. Jika dilihat dari bentuknya, kue ini mirip dengan lapis legit. Tapi tentu saja rasanya berbeda, teksturnya pun beda dengan lapis legit. Kue khas yang satu ini agak susah dicari, beberapa toko oleh-oleh masih menjual kue khas Palembang ini dalam jumlah yang terbatas.

By |2018-09-21T14:06:11+00:00September 21st, 2018|Categories: Blog|Tags: , |0 Comments

Leave A Comment