counter hit make

Oleh-oleh yang Khas Dari Jogja yang Wajib Anda Beli

//Oleh-oleh yang Khas Dari Jogja yang Wajib Anda Beli

Oleh-oleh yang Khas Dari Jogja yang Wajib Anda Beli

Jalan-jalan di kota Yogyakarta memang selalu menyenangkan. Mengunjungi berbagai tempat wisata menarik di Jogja sampai memuaskan lidah dan perut dalam wisata kuliner keliling Jogja.  Tiba saatnya untuk pulang, tentu Anda tak ingin kenangan tentang Yogyakarta hilang begitu saja. Salah satu hal yang bisa Anda lakukan untuk dapat tetap mengingat Yogyakarta adalah membeli oleh-oleh khas Kota Pelajar ini. Berikut beberapa oleh-oleh khas Jogja :

  1. Bakpia

Camilan ini sudah melekat dan identik dengan Yogyakarta. Bakpia merupakan kue yang terbuat dari adonan tepung terigu berisi kacang hijau dan dimasak dengan cara dipanggang.

Saat ini, bakpia sudah mengalami banyak perkembangan. Berbagai varian rasa pun mulai diciptakan guna menarik perhatian pembeli. Anda bisa membeli bakpia dengan rasa durian, coklat, keju, kumbu hitam dan berbagai varian rasa lainnya.

Bakpia dapat dengan mudah Anda temui di kawasan Jalan Malioboro, Pasar Beringharjo dan berbagai pusat oleh-oleh yang tersebar di Yogyakarta.

  1. Geplak

Jangan lupa bawa geplak kalau pulang liburan dari Jogja. Geplak adalah oleh-oleh enak Jogja yang nggak bakal lekang dimakan zaman. Makanan ringan legendaris khas Jogja ini dibuat dari parutan kelapa dan gula. Rasanya jangan di Tanya, manis banget.

  1. Gudeg Kering

Ke Jogja tanpa makan gudeg rasanya pasti ada yang kurang. Bahkan, kamu mungkin aja pengin sekalian bawa olahan gudeg buat dibawa ke rumah. Namun, karena gudeg adalah makanan basah, bisa aja gudeg yang kamu bawa malah tumpah atau berceceran ke mana-mana.

  1. Yangko

Ini dia kue moci khas Yogyakarta. Yangko memang mirip sekali dengan kue moci, jajanan yang terbuat dari tepung beras ketan ini memiliki tekstur yang kenyal, berisi kacang cincang dan rasanya manis legit persis kue moci. Yangko memiliki penampilan yang sangat menarik, dengan bentuk kotak dan warna-warni cerah serta taburan tepung. Satu kotak yangko umumnya berisi 30 buah dengan rasa yang bervariasi.

  1. Batik

Batik tak bisa dilepaskan begitu saja dari Yogyakarta. Batik juga selalu masuk dalam daftar oleh-oleh yang wajib dibeli oleh wisatawan yang datang ke kota ini. Batik tak hanya berupa kain dan pakaian. Kreatifitas warga Yogyakarta menjadikan batik dapat diaplikasikan dalam berbagai bentuk, sebut saja tas, syal dan sandal.

  1. Kaos Dagadu

Satu lagi yang wajib Anda bawa pulang dari Yogyakarta adalah kaos Dagadu. Kaos ini identik dengan plesetan lucu khas Yogyakarta yang dijamin akan membuat Anda tertawa.

Dagadu sendiri berasal dari bahasa Walikan atau bahasa gaul Yogyakarta, yang berarti ‘matamu’. Hal ini semakin jelas terlihat di logo kaos yang berbentuk sebuah mata.

  1. Pernak Pernik Aksesoris Jogja

Disepanjang jalan Malioboro, anda bisa menemukan pedagang kaki lima atau toko yang menjajakan berbagai aksesoris khas Jogja yang cantik dari mulai gelang, topi,gantungan kunci, cincin, dompet, hingga tas. Harganya murah meriah anda bisa menawarnya.

  1. Gerabah Kasongan

Gerabah Kasongan adalah oleh-oleh lain yang tak boleh Anda lewatkan. Jika sebelumnya Anda telah berburu kerajinan perak di Kotagede, sekarang saatnya berburu kerajinan dari tanah liat di Desa Kasongan.

Gerabah khas Desa Kasongan ini telah dipercaya memiliki kualitas yang bagus. Gerabah dapat Anda temui dalam beragam bentuk mulai dari guci, vas bunga, lampu hias sampai asbak.

 

 

By |2018-08-11T08:24:58+00:00Agustus 11th, 2018|Categories: Blog|Tags: , , |0 Comments

Leave A Comment