counter hit make

Pantai yang Bagus di Gunung Kidul Yogyakarta

//Pantai yang Bagus di Gunung Kidul Yogyakarta

Pantai yang Bagus di Gunung Kidul Yogyakarta

Berlibur ke Jogja tidak harus ke Malioboro, Prambanan, Kraton atau Ratu Boko. Jika kamu punya waktu lebih di Jogja, cobalah untuk menjelajahi pantai-pantai yang berada di kabupaten Gunung Kidul, Banyak sekali pantai di Yogyakarta. Pantai di Jogja memang tidak hanya Parangtritis saja. Di Gunung Kidul bahkan ada beberapa pantai yang masih sangat sepi dan alami. Banyak yang menjadikan pantai-pantai di Gunung Kidul sebagai destinasi liburan untuk mengusir penat. Ada puluhan pantai yang berada di Gunung Kidul. Hampir semuanya memiliki pasir putih serta air yang masih bersih. Berikut beberapa pantai yang bagus di gunung kidul Yogyakarta.

  1. Pantai Siung

Berjarak sekitar 70 km dari pusat kota Jogja, pantai Siung bisa ditempuh dengan waktu tempuh sekitar dua jam. Pantai ini memiliki batu-batu karang berukuran besar. Penamaan pantai ini juga ada sangkut pautnya dengan batu karang. Di pantai ini terdapat sebuah batu karang besar yang bentuknya mirip dengan gigi kera atau juga disebut Siung Wanara. Kata Siung tersebut akhirnya diambil untuk menamakan pantai cantik ini. Dalam bahasa Jawa siung artinya adalah gigi taring.

Untuk kamu yang hobby panjat tebing, pantai Siung adalah tempat yang asik untuk menyalurkan hobby tersebut. Tebing-tebing di pantai Siung banyak yang dimanfaatkan untuk melakukan panjat tebing. Adalah lebih dari 250 jalur panjat tebing yang terdapat di pantai Siung. Di pantai siung juga terdapat sebuah camping ground yang bisa kamu gunakan untuk mendirikan tenda jika kamu ingin menghabiskan malam di pantai Siung.

  1. Pantai Sundak

Pantai Sundak adalah salah satu pantai yang memiliki nilai sejarah di Jogja. Lokasi pantai ini masih di kecamatan Tepus tepatnya di desa Sidoharjo. Asal muasal nama pantai cukup unik. Pada jaman dulu, sekitar tahun 1976 ada sebuah kejadian menarik. Ada seekor anjing piaraan yang bermain-main di sana lalu masuk ke dalam goa. Di goa tersebut si anjing bertemu dengan seeokor landak. Karna sedang lapar si anjing bermaksud untuk memakan landak tersebut namun si landak bermaksud untuk menghindar. Akhirnya terjadilah perkelahian antara keduanya. Singkatnya, si anjing berhasil memenangkan pertarungan dan berhasil memakan daging landak.

Perbuatan tersebut diketahui oleh si pemiliki anjing dan akhirnya ia mengecek ke dalam goa. Di goa tersebut si pemilik menemukan potongan tubuh landak lain yang tidak dimakan anjing. Nah, dari peristiwa tersebutlah kemudian muncul nama Sundak yang merupakan kependekan dari asu (anjing) dan landak. Sebelum menjadi Sundak pantai ini dulunya bernama pantai Wedibelah.

  1. Pantai Baron

Pantai Baron ini terletak di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari. Pantai ini juga cukup terkenal di Jogja. Banyak keunikan yang dimiliki oleh pantai ini. Salah satunya adalah keberadaan sungi air tawar bawah tanah. Air sungai tersebut mengalir ke laut.

Pantai ini juga memiliki beberapa fasilitas seperti tempat pelelangan ikan, wahana bermain anak-anak, hingga perahu mesin. Pantai ini juga merupakan salah satu pantai yang dijadikan tempat melakukan upacara sedekah laut yang dilakan oleh nelayan. Upacara tersebut dilaksanakan pada tanggal satu suro pada penanggalan Jawa. Di pantai ini juga terdapat bukit-bukit yang membuat pemandangan menjadi lebih indah.

  1. Pantai Sadeng

Pantai Sadeng memiliki nilai sejarah yang cukup panjang. Pantai ini dulunya adalah muara dari sungai Bengawan Solo. Namun, sebuah proses geologi yang terjadi ratusan juta tahun lalu dimana lempeng Australia menghujam pulau jawa yang menyebabkan pulau Jawa sedikit terangkat mengubah arah aliran Sungai Bengawa Solo. Jalur aliran air sungai tersebut kini disebut dengan Bengawan Solo Purba dan menjadi objek wisata yang cukup menarik. Pantai Sadeng sendiri merupakan salah satu pelabuhan perikanan yang cukup besar di Yogyakarta.

  1. Pantai Jogan

Lokasi pantai ini berada di sebelah barat pantai Siung. Namun, keberadaan pantai belum banyak diketahui oleh orang-orang. Daya tarik utama pantai ini adalah keberadaan air terjun yang jatuh dari tebing tepat di bibir pantai. Kamu bisa main-main di air terjun tersebut dengan bebas. Namun, berhati-hatilah ketika berjalan turun karna tracknya cukup licin. Setelah tiba dibawah, kamu bisa mandi air terjun sambil menikmati pemandangan pantai yang indah.

By |2018-10-11T14:22:27+00:00Oktober 11th, 2018|Categories: Blog|Tags: , |0 Comments

Leave A Comment