counter hit make

Tempat Wisata Air Terjun yang Bagus di Jogja

//Tempat Wisata Air Terjun yang Bagus di Jogja

Tempat Wisata Air Terjun yang Bagus di Jogja

Yogya memang istimewa hampir setiap tahun daerah ini menawarkan tempat wisata baru yang menarik dan tidak membosankan. Tempat wisata di daerah ini pun terbilang variatif dan lengkap. Sebenarnya kota Jogja tidak hanya menyimpan wisata kebudayaan yang beranekaragam namun juga potensi wisata alamnya yang terpampang nyata. Salah satu pilihan wisata yang patut untuk coba selama berada di kota seribu budaya ini adalah wisata air terjun yang patut untuk diperhitungkan keindahannya. Berikut beberapa tempat wisata air terjun yang bagus di Jogja.

  1. Curug Gedhe

Air terjun berikutnya berada di kawasan wisata Gunung Api Purba Nglanggeran dan disebut dengan Curug Gedhe. Traveler benar-benar harus blusukan untuk mencapai di lokasi sebab air terjun ini berada di tengah lembah di dalam hutan dengan kondisi yang masih sangat baik dan rimbun. Curug Gedhe berukuran tinggi 30 meter dan paling keren jika dikunjungi saat musim hujan. Saat itu debit air akan melimpah dan pemandangan makin sensasional. Apalagi saat berkunjung ke air terjun ini traveler akan merasakan sensasi meniti jembatan gantung tertinggi di Yogyakarta.

  1. Luweng Sampang

Luweng Sampang tengah hits dalam setahun terakhir ini sebagai tempat wisata bernuansa alam di Yogyakarta. Pasalnya air terjun ini melewati celah tebing yang membuatnya unik dan berbeda dari lainnya. Banyak traveler yang menganggap Luweng Sampang mirip dengan The Wave Rock, Arizona, Amerika Serikat. Debit air di Luweng Sampang dipengaruhi oleh musim. Al hasil jika mau memotret dalam kondisi terbaik sebaiknya datang pada saat musim penghujan. Lokasi air terjun ini sendiri terletak di wilayah administratif desa Sampang, kecamatan Gedangsari, kabupaten Gunungkidul atau berbatasan dengan kabupaten Klaten.

 

  1. Air Terjun Pantai Njogan

Air terjun yang terakhir ini wajib traveler kunjungi saat ngetrip pantai-pantai di seputaran kabupaten Gunungkidul. Air Terjun Pantai Njogan sangat unik karena terjunan airnya langsung bermuara di Samudera Hindia. Pastikan berkunjung ke pantai ini saat musim hujan agar keindahannya makin menggigit. Air Terjun Pantai Njogan berada di desa Purwodadi, kecamatan Tepus, kabupaten Gunungkidul. Pantai ini berada satu jalur dengan Pantai Nglambor, spot snorkelingnya Yogya yang keren punya.

  1. Air Terjun Sri Gethuk

Air Terjun Sri Gethuk merupakan sebuah objek wisata yang sangat dirawat oleh sang pengelola. Di sini juga sudah disiapkan beragam fasilitas penunjang. Jika ingin sampai ke air terjunnya, harus menyebrangi sebuah sungai indah berwarna hijau jernih dengan menggunakan transportasi kapal yang sudah disediakan pihak pengelola. Beragam kegiatan yang mengasyikan bisa lakukan di Wisata Air Terjun Sri Gethuk Yogyakarta ini, di sini bisa berenang sepuasnya di kawasan ini. Jika tidak bisa berenang, tidak perlu khawatir karena di sini juga terdapat jasa penyewaan ban maupun pelampung dengan biaya yang cukup terjangkau. Jadi masih bisa menikmati kesegaran air terjun Sri Gethuk. Selain itu di tempat ini juga tersedia kolam pemancingan serta beberapa warung makan. Selain itu disini juga tersedia fasilitas paket rafting dan flying fox.

5.      Air Terjun Indah Gedangsari

Satu lagi keindahan Gunungkidul Yogyakarta yang tersembunyi yang masih belum banyak dikunjungi wisatawan adalah Air Terjun Indah Gedangsari. Air Terjun ini mempunyai banyak nama, ada yang menyebut namanya Curug Bayat karena terletak di dekat daerah bayat, ada yang menyebut juga Curug Gedangsari karena letaknya di wilayah Gedangsari, Yogyakarta. Memasuki area Air Terjun Indah Gedangsari yang berupa aliran sungai bawah tebing, terlihat air terjun memiliki bentuk bertingkat- tingkat. Bentuk ini mirip dengan Air Terjun Tujuh Bidadari yang terletak di dekat Bandungan, Kabupaten Semarang. Bedanya jarak antar cekungan dan tingkatan lumayan berjauhan. Di setiap tingkatan membentuk cekungan air yang cocok digunakan untuk mandi dan berenang. Namun harus berhati- hati karena beberapa cekungan cukup dalam dan tidak disarankan bagi yang belum bisa berenang. Diperkirakan dasar cekungan air tersebut sedalam dua sampai tiga meter dan tertutup oleh lumut sehingga tidak terlihat dasar cekungannya.

By |2018-10-10T15:54:03+00:00Oktober 10th, 2018|Categories: Blog|Tags: , |0 Comments

Leave A Comment