counter hit make

Tempat Wisata Candi yang Ada di Jogja

//Tempat Wisata Candi yang Ada di Jogja

Tempat Wisata Candi yang Ada di Jogja

Ada banyak tempat wisata candi yang ada di Jogja. Bukan rahasia lagi kalau daerah istimewa Yogyakarta terkenal aneka pariwisatanya. Yogyakarta seolah tak pernah membuat kita bosan untuk kembali berkunjung. Tidak hanya sejarahnya bentuk arsitektur candi-candi tersebut sangat memesona. Keberadaan sebuah candi tidak cukup hanya dengan cerita sejarahnya. Keajaiban bentuk sebuah candi yang tersusun dari batu-batu alam membuat situs ini sangat menarik. Tak pernah terbayangkan bagaimana orang-orang zaman dahulu membuat bangunan-bangunan cantik ini dengan peralatan seadanya. Padahal bahan dasar pembuatannya menggunakan batu-batu alam yang sangat berat. Berikut adalah beberapa tempat wisata candi yang ada di Jogja.

  1. Candi Prambanan

Candi Prambanan menjadi primadona wisatawan saat berlibur ke Yogyakarta. Banyak wisatawan mengenal Candi Prambanan sebagai Candi Roro Jonggrang. Hal ini dikarenakan asal-muasal candi yang berkaitan dengan kisah cinta Bandung Bondowoso terhadap Roro Jonggrang yang bertepuk sebelah tangan.
Kompleks Candi yang berada di Desa Prambanan ini mempunyai 3 candi utama, yaitu Candi Wisnu, Candi Brahma, dan Candi Siwa. Ketiga candi ini pun dikelilingi oleh 2 candi apit, 4 candi kelir, dan 4 candi sudut. Sehingga total dari seluruh candi yang ada di kompleks ini berjumlah sekitar 224 buah.
Saat berada di kompleks ini, wisatawan akan merasa seperti berada dalam sebuah kerajaan. Candi yang sudah dibangun sejak 850 masehi ini, memiliki bentuk yang menjulang ke atas dan menggambarkan kepercayaan agama Hindu.

  1. Candi Sewu

Candi Sewu terletak di Dukuh Bener, Desa Bugisan, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten. Candi Sewu merupakan candi Buddha terbesar kedua di Jawa Tengah setelah candi Borobudur. Walaupun tidak berjumlah seribu (sewu), nama tersebut digunakan karena kisah legenda Loro Jonggrang.

Kamu yang sempat ke sini sebelum 2006, pasti merasakan perbedaan yang signifikan. Candi Sewu mengalami kerusakan akibat gempa besar pada Mei, 2006. Kamu harus membayar Rp 10 ribu untuk masuk ke kawasan candi. Tiap pintu masuk dikawal sepasang arca Dwarapala. Arca raksasa penjaga berukuran tinggi sekitar 2,3 meter.

  1. Candi Plaosan

Kawasan candi Plaosan dibagi dua kelompok yakni Plaosan Lor dan Kidul. Candi Plaosan Lor memiliki dua candi utama yang dikelilingi 116 stupa perwara dan 50 buah candi perwara. Sedangkan, candi Plaosan diketahui memiliki  beberapa perwara berbentuk candi dan stupa.

Candi Plaosan Lor dan Kidul hampir serupa jika dilihat dari jauh. Sehingga sampai sekarang candi Plaosan juga sering disebut Candi Kembar. Kamu yang ingin menikmati wisata sejarah di sini hanya ditarik biaya sebesar Rp 10 ribu. Spesialnya, di candi Plaosan terdapat acara tahunan yang menampilkan berbagai macam tarian dari seluruh nusantara.

  1. Candi Ijo

Candi Ijo adalah sebuah kawasan percandian bercorak Hindu. Candi ini berada empat kilometer arah tenggara dari Candi Ratu Boko atau kita-kira 18 kilometer di sebelah timur Yogyakarta. Disebut Candi Ijo karena dibangun di sebuah bukit yang dikenal Bukit Hijau atau Gumuk Ijo sekitar abad ke-9.

Secara keseluruhan, komplek candi merupakan teras-teras berundak, dengan bagian terbawah di sisi barat dan bagian tertinggi berada pada sisi timur, mengikuti kontur bukit. Candi Ijo merupakan yang tertinggi di Yogya, yakni berada pada ketinggian 375 meter di atas permukaan laut. Tiket masuk candi hanya di patok Rp 5.000 saja.

By |2018-09-12T11:25:23+00:00September 12th, 2018|Categories: Blog|Tags: , |0 Comments

Leave A Comment