counter hit make

Wisata Pantai Paling indah di Jogja

//Wisata Pantai Paling indah di Jogja

Wisata Pantai Paling indah di Jogja

Ada banyak wisata pantai yang ada di Jogja. Jogja mungkin lebih dikenal dengan wisata budaya serta sejarahnya. Namun ternyata, Jogja juga punya banyak wisata pantai yang menarik hati. Bukan cuma Parangtritis. Gak kalah dengan Bali, Yogyakarta juga mempunyai beragam pantai yang memesona. Pantai indah berwarna biru yang dihiasi batu karang raksasa dan tebing. Banyak pantai yang pesonanya jauh lebih memikat dari pantai paling terkenal di Jogja tersebut.Jika kamu ingin mengunjungi pantai-pantai berpasir putih di Jogja, datanglah ke kawasan pesisir Kabupaten Gunungkidul. Mungkin ada beberapa pantai di Jogja yang belum kamu ketahui.

  1. Pantai Kukup

Pantai kukup merupakan salah satu pantai yang lokasinya relatif dekat. Setidaknya, jika dibandingkan dengan Wediombo. Lokasi pantai ini tidak terlalu jauh dari dua pantai lain yang juga cukup terkenal di Gunungkidul yakni Pantai Baron dan Pantai Krakal. Pantai Kukup juga memiliki pasir berwarna putih cenderung coklat. Batu-batu karang berukuran besar juga akan banyak kita temukan di sekitar pantai.

Ada sebuah pulau karang di sekitar pantai ini yang diatasnya terdapat sebuah bangunan seperti gazebo. Pulau karang ini dikenal dengan nama Jumino. Sebuah jembatan yang menghubungkan pulau tersebut dengan tebing karang mengingkatkan kita dengan Tanah Lot di Bali. Bedanya, di pulau karang tersebut tidak ada pura.

  1. Pantai Wediombo

Lokasinya mudah dijangkau, jajaran batu karangnya yang unik membuat pantai ini sangat populer. Pantai Wediombo diapit teluk yang lebar dengan pasir putih lembut. Pantai ini asyik untuk mencari suasana tenang dengan suara gelombang pantai, serta angin yang menyegarkan. Pantai Wediombo terlihat sangat cantik, terutama saat matahari mulai terbenam. Setahun sekali, pantai ini mengadakan upacara tradisional Ngalangi. Upacara itu merupakan ungkapan rasa syukur pada Tuhan atas anugerah yang diberikan, sekaligus memohon reje ki untuk masa datang.

  1. Pantai Baron

Pantai Baron juga merupakan salah satu pantai yang sudah dikembangkan sedemikian rupa untuk menjadi salah satu destinasi wisata unggulan di Gunungkidul. Pantai ini sebenarnya tidak terlalu panjang namun memiliki pesona tersendiri. Pantai ini berada di ujung barat kawasan Pantai Selatan di Gunungkidul. Di ujung sebelah barat pantai terdapat sebuah muara sungai bawah tanah yang menjadikan pemandangan dan suasana di pantai ini menjadi semakin unik.

Pantai Baron merupakan sebuah pantai yang menjadi pusat kegiatan nelayan. Di pantai ini bahkan ada tempat pelelangan serta pasar ikan dimana kita bisa mendapatkan ikan segar hasil tangkapan nelayan. Pantai Baron juga dikenal sebagai salah satu pusat kuliner seafood di Gunungkidul.

  1. Pantai Timang

Pantai Timang bisa kamu temukan setelah melewati pantai Baron. Cocok untuk kamu yang ingin memacu adrenalin. Tersedia kereta gantung yang biasa digunakan sebagai transportasi pencari lobster. Kamu yang ingin menaiki kereta gantung akan dikenakan biaya sekitar Rp 100 ribu.

Pantai ini cenderung masih alami, karena belum terlalu ramai dikunjungi. Aksesnya cukup sulit dan langsung berbatasan dengan laut. Terdiri dari dua bagian, pantai Timang terdiri dari hamparan pasir putih dan tumbuhan pandan.

  1. Pantai Pulang awal

Orang-orang mungkin lebih familiar dengan pantai indrayanti daripada nama aslinya, Pulang Sawal. Apapun kamu menyebutnya — Pantai Pulang Sawal atau Pantai Indrayanti — yang jelas semua mengarah pada satu lokasi. Yakni sebuah pantai cantik berpasir putih kecoklatan yang berada di pesisir Gunungkidul. Pantai ini merupakan salah satu pantai paling mainstream di Gunungkidul. Dulu — sekitar sebelum tahun 2012 — pantai ini masih relatif sepi. Penginapan dan toko cindera mata memang sudah ada namun jumlahnya masih satu duaTapi, seiring dengan berjalannya waktu, pantai ini menjadi sangat ramai. Toko oleh-oleh dan cindera mata semakin banyak jumlahnya. Pantai Pulang Sawal memang memiliki daya pikat yang membuat banyak orang tertarik untuk berkunjung. Pasir putih kecoklatan ditambah air lautnya yang jernih menjadi daya tarik utama pantai ini. Payung-payung warna-warna yang berjejer di sepanjang pantai.

 

 

 

 

 

By |2018-08-20T15:18:33+00:00Agustus 20th, 2018|Categories: Blog|Tags: , , |0 Comments

Leave A Comment