counter hit make

Wisata Religi yang Ada di Jogja

//Wisata Religi yang Ada di Jogja

Wisata Religi yang Ada di Jogja

Ada banyak wisata religi yang ada di Jogja, sehingga kamu bisa memilih apa yang kamu inginkan. Bagi setiap orang, berwisata memiliki tujuan yang berbeda. Ada yang memang pecinta traveling, ingin menemukan tempat-tempat baru, pemburu selfie dan ada juga yang ingin mencari ketenangan batin. Ada beberapa tempat ibadah yang memiliki fungsi lebih. Bukan sebatas hanya untuk berhubungan dengan Tuhan semata tapi lokasi-lokasi tersebut layak juga sebagai lokasi wisata religi. Di kota jogja terdapat beragam wisata religi untuk semua agama, tidak salah jika kota jogja disebut sebagai Miniatur Indonesia berikut beragam wisata religi yang ada di jogja.

  1. Masjid Kotagede

Masjid Kotagede Jogja merupakan masjid tertua di Kota Gudeg ini yang dibangun sejak zaman kejayaan kerajaan Mataram di bawah pemerintahan Sultan Agung. Masjid yang berada di kawasan wisata heritage Kotagede ini masih memiliki ciri khas klasiknya. Saat kamu berwisata di Kotagede, jangan lewatkan mengunjungi masjid ini. Apalagi untuk kamu yang beragama muslim, sempatkan untuk merasakan sholat di masjid tertua di Jogja ini.

  1. Masjid Agung Kauman

Berada di dekat Keraton Yogyakarta membuat masjid ini dipenuhi jemaat pada waktu sholat. Mereka selain untuk beribadah tentu saja untuk ngadem sesaat.

Terlebih pada tengah hari dimana seringkali matahari kurang bersahabat. Meski tanpa pendingin ruangan tapi berada di sekitar masjid membuat hati dan pikiran tenang.

Pada hari-hari tertentu Masjid Agung Kauman akan penuh sesak karena dijadikan lokasi puncak acara. Satu yang pasti adalah Prosesi Gunungan yang dihelat tiap tahun oleh pihak Keraton Jogja.

3.      Wisata Religi Makam Syekh Maulana Mahribi

Tempat wisata religi ini merupakan petilasan yang pernah dipakai Syekh Maulana Mahribi selama menyebarkan agama Islam di Nusantara ini. Namun Syekh Maulana Mahribi dimakamkan di kota gresik. Saat pengunjung sedang menuju pantai parangtritis maka anda akan melewati wisata ini. Lokasinya ada diperbukitan karena tempat wisata ini berada di sebelah kiri jalan parangtritis.

4.      Sendangsono

Salah satu tempat wisata rohani Katolik yang terkenal di Jogja adalah Sendang Sono. Sendang berarti mata air. Pada tahun 1904, Romo Van Lith datang dan membaptis 173 warga Kalibawang Kulonprogo dengan air sendang. Sejak saat itulah, tempat ini menjadi tempat perziarahan umat Katolik. Peristiwa pembaptisan ini tergambar dalam relief di salah satu kapel. Kompleks ziarah Sendang Sono ini terdiri dari kapel-kapel kecil, lokasi Jalan Salib, goa Maria, pendopo, sungai, dan kios penjualan perlengkapan doa. Di sana kamu bisa beribadah serta menikmati indahnya Sendang Sono.

5.     Pura Vaikuntha Vyomantara

Di Jogja ingin rasa Bali, ada baiknya datang ke Kompleks AAU yang ada di Janti. Disini akan ditemukan Pura atau tempat ibadah bagi agama Hindu.

Seperti diketahui bahwa Hindu merupakan agama mayoritas bagi orang Bali. Nah, objek wisata religi di Jogja ini benar-benar membuat seseorang serasa ada di Pulau Dewata. Meski berada di area penerbang tapi tidak menghalangi siapa saja untuk berkunjung. Pura ditengah kota ini telah menjadi simbol bahwa Jogja sangat toleransi dengan keberagaman.

 

 

By |2018-09-05T14:39:24+00:00September 5th, 2018|Categories: Blog|Tags: , |0 Comments

Leave A Comment